MI Ma’arif Beton adalah salah satu lembaga pendidikan dasar yang bernaung di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama. Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Beton beralamatkan di Jalan Abimanyu, Desa Beton, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. MI Ma’arif Beton melayani kebutuhan pendidikan masyarakat sekitar dengan kurikulum yang seimbang antara pengetahuan akademik dan karakter religius. Berikut VISI. MISI, dan TUJUAN MI Ma’arif Beton
VISI
Terciptanya Unggul dalam Imtaq ,Kompetitif dan Akhlakul karimah
Indikator dari visi di atas adalah:
- Unggul dalam kegiatan keagamaan
- Unggul dalam Proses Pembelajaran
- Unggul dalam peningkatan rerata UAM
- Unggul dari prestasi kesenian dan olah raga
- Unggul dalam pembiasaan berakhlakul karimah
- Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat
MISI
Untuk mencapai visi di atas, maka madrasah kami memiliki misi:
- Melaksanakan pendidikan agama dengan intensif
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang di miliki.
- Menumbuhkan semangan keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
- Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal sesuai potensi yang dimiliki.
- Mengembangkan potonsi siswa secara optimal
- Menerapkan menejemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan komite madrasah.
TUJUAN
Mengacu pada visi dan misi sekolah, maka tujuan MI Ma’arif Beton Prestasi dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
- Melakukan analisis konteks dan mendokumentasikan secara lengkap (Standar Isi)
- Melakukan review kurikulum MI Ma’arif Beton Prestasi berdasarkan hasil analisis konteks (Standar Isi)
- Semua kelas melaksanakan pendekatan “pembelajaran aktif” pada semua mata pelajaran (Standar Proses)
- Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL)
- Mewujudkan penilaian outentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif sesuai karakteristik mata pelajaran (Standar Penilaian)
- Melaksanakan penilaian hasil belajar oleh pendidik, sekolah dan pemerintah (Standar Penilaian)
- Mewujudkan peningkatan prestasi kelulusan
- Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi (SKL)
- Mengembangkan budaya sekolah yang kondusif untuk mencapai tujuan pendidikan menengah (Standar Pengelolaan)
- Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan yang menjadi bagian dari pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL)
- Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (SKL)
- Mengembangkan kemampuan olahraga, kepramukaan dan seni yang tangguh dan kompetitif (SKL)
- Mengembangkan kemampun lomba olimpiade yang cerdas dan kompetitif (SKL)
- Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih,dan nyaman (Standar Sarana)
- Mewujudkan fasilitas sekolah yang interaktif, relevan dan berbasis IT (Standar Sarana)
- Memanfaatkan dan memelihara fasilitas untuk sebesar-besarnya dalam proses pembelajaran (Standar Sarana)
- Memiliki tenaga guru bersertifikat profresional (Standar Ketenagaan)
- Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (Standar Ketenagaan)
- Menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah (Standar Pengelolaan)
- Mengoptimalkan peran komite sekolah sebagai mitra kerja sekolah (standar Pengelolaan)
- Menumbuhkan semangat budaya mutu secara intensif (SKL)
- Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil (Standar Pembiayaan)
- Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring dengan stake holder (Standar Pengelolaan)